Rabu, 07 September 2016

Rumah Joglo khas jogja yang memiliki nilai luhur

Rumah Joglo khas jogja
Yogyakarta terkenal akan ragam budayanya yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya,salah satunya adalah Rumah adat Joglo,yang menjadi wwarisan leluhur sejak jeman kerajaan mataram,Dengan semua seni dan keunikan rumah inilah,joglo selalu menjadi daya tarik khususnya beberapa masyarakat yang ingin membuat rumah dengan menjunjung tinggi warisan leluhur.

Filosofi tentang rumah joglo adalah mengikuti alam yang menyinggung nilai-nilai luhur,seperti contohnya setiap rumah joglo khas jogja selalu mempunyai 4 pilar penyangga yang menjadi ciri khasnya.Pilar pada joglo ini menyimbolkan 4 arah mata angin,timur,selatan,utara dan barat,selain itu kerangka rumah jolglo berupa Soko Guru, didalam soko guru inilah terdapat Tumpangsari yang susunannya terbalik dengan susunan kerangka Soko Guru.

Baca juga:kenali jenis rumah joglo modern dan tradisional

Jika di lihat lebih jauh,sebenarnya rumah adat jawa berupa joglo ini terdiri atas beberapa bagian yang dibedakan,ada pendopo,omah dalem dan juga Pringgitan ini sudah menjadi khas rumah joglo yang ada di jogja serta solo.

Pendopo
Hal pertama yang tampak adalah pendopo jika kita mengamati rumah joglo ini,karena fungsinya yang berada di depan dan digunakan oleh pemilik rumah untuk menjamu beberapa tamu dan sebagai tempat pertemuan,biasaya dimiliki oleh bangsawan pada jaman dahulu untuk tempat diskusi maupun kumpul masyarakat.

Omah dalem (Rumah dalam)
Omah dalam ini digunakan pemilih rumah untuk keluarganya,biasanya sebagai tempat bercengkrama,tempat tidur serta tempat lesehan keluarga,selain itu juga termasuk dapur serta kamar mandi.
Gedongan
Orang jawa jaman dahulu sering membuah kamar gedongan di joglo ini,karena bisa digunakan untuk perlindungan saat terjadi peperangan atau hal yang mengusik jiwa raga pemilik rumah,bisa juga sebagai tempat menenangkan diri ataupun beribadah,dan jika pemiliknya baru biasanya digunakan sebagai kamar pengantin.

Sama seperti rumah adat di daerah lain,rumah joglo ini bisa juga digunakann untuk menaikkan status social di masyarakat sekitar,ini karena pembangunannya yang rumit dengan tingakat kesulitan yang sangat tinggi karena semua kayu dan bahan lainnya harus sesuai ukurannya,jika salah sedikit akan merusak kerangka lainnya,oleh karena itu bagi siapa saja yang bisa membuat rumah joglo akan naik status socialnya karena biaya pembangunannya lebih mahal dari rumah biasa.karena itu meski rumah ini menjadi rumah adat jawa tengah namun tak banyak masyarakatnya yang mengaplikasikan pada rumahnya.

Artikel Terkait

Rumah Joglo khas jogja yang memiliki nilai luhur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email